Judul Skripsi 2016

Ilmu al-Qur’an dan Tafsir

  • Aan Nurjanah. Musuh (‘Aduww) dalam Perspektif al-Qur’an (Studi Kitab Tafsir fi Dzilal al-Qur’an), 2016.
  • Aat Anggraeni, Respon Al-Qur’an terhadap Penistaan kepada Nabi Muhammad saw, 2016.
  • Abdul Ajid. Akhlaq al-Karimah Para Nabi dalam Al-Qur’an, 2016.
  • Ade Meita Datia. Jin Qarin Perspektif al-Qur’an (Studi terhadap Penafsiran Sayyid Quthb dalam Tafsir fî Ẓilâl al-Qur’ân), 2016.
  • Adi Sunarya. Jilbab dalam Al-Qur’an: Studi Perbandingan Penafsiran QS. al-Ahzab [33]: 59 Menurut Badiuzzaman Said Nursi dan M. Quraish Shihab, 2016.
  • Afrizal Fahmi Ali. Hadis Istri Menolak Ajakan Suami: Ditinjau dari Psikologi dan Kesehatan, 2016.
  • Ahmad Ahad Syabany. Reinterpretasi terhadap al-Riqāb sebagai Mustahiq Zakat dan Relevansinya dengan Masa Sekarang, 2016.
  • Ahmad Dziya’ Udin. Kritik terhadap Konsep Keadilan Jender dalam Penafsiran Amina Wadud, 2016.
  • Ahmad Zaki Yusran. I’jaz ‘Ilmi pada Kisah Ashab al-Kahfi, 2016.
  • Andi Firman. Pemahaman Umat Islam terhadap Surat Yasin (Studi Living Qur’an di Desa Nyiur Permai Kabupaten Tumbilahan Riau), 2016.
  • Arief Hidayat. Penanggalan Hadis Kepemimpinan Perempuan, 2016.
  • Arina Manasikana. Kenabian Muhammad Menurut John Louis Esposito, 2016.
  • Asep Fathurrahman. Penafsiran Ayat-ayat Mutasyabihat (Studi Komparatif Tafsir Marah Labid dan Tafsir al-Kasysyaf), 2016.
  • Ayu Siti Khaerunnisa. Tuntunan Bagi Orang Sakit Perspektif Hadis (Kajian Hadis Tematik), 2016.
  • Bahagia Tanjung. Harut dan Marut dalam Al-Qur’an (Studi Komparatif antara Imam al-Thabari dari Wahbah al-Zuhali), 2016.
  • Dwi Atmi Mufarrida. Konsep Common Link Joseph Schacht dan G.H.A. Juynboll dengan Madār Hadis: Sebuah Studi Perbandingan, 2016.
  • Dwi Haryanto. Corak Pemikiran Kalam Tafsir Khuluqun ‘Azhim Juz Tabarak Karya M. Yunan Yusuf, 2016.
  • Eka Syarifah Marzuki. Ifk dan Buhtān dalam Al-Qur’an (Aplikasi Metode Semantik Toshihiko Izutsu), 2016.
  • Erikh Muhartono. Penafsiran Sayyid Qutb tentang Jihad dalam Fī Zilāl Al-Qur’ān dan Kontekstualisasinya di Indonesia, 2016.
  • Fathiyatul Makiyah. Memahami Kiamat: Pemaknaan Lafadz al-Qiyamah, al-Waqi’ah dan al-Qari’ah dalam al-Qur’an, 2016.
  • Friella Dasanty. Jabal dalam al-Qur’an (Studi Tafsir al-Maraghi), 2016.
  • Hafidzoh Hanifiah. Agensi Perempuan dalam Al-Qur’an: Studi atas Kisah Istri Nabi Nuh, Istri Nabi Luth, dan Istri Fir‛aun, 2016.
  • Hamami Suhendar. Konsep Syafa’at Menurut Sunni dan Mu’tazilah: Studi Komparatif Tafsir Mafatih al-Ghaib dan Tafsir al-Kasysyaf, 2016.
  • Hana Natul Maula. Respon Rasyid Ridha terhadap Orientalisme (Studi Analisis terhadap Wahyu al-Qur’an), 2016.
  • Hirman Jayadi. Perkembangan Mushaf Al-Qur’an di Indonesia: Studi Mushaf Al-Qur’an Tema Perempuan, 2016.
  • Imas Qurrotul‘ain. Penentuan Awal Bulan Ramadhan (Analisis Tafsir al-Tanwir Karya Majlis Tarjih Muhammadiyah), 2016.
  • Indah Fitria. Manfaat Benda-benda Langit Menurut Al-Qur’an (Analisa Kritis terhadap Tafsir Ilmi Kementrian Agama RI), 2016.
  • Irpan Sanusi. Pesan Semiotis Al-Qur’an: Analisa Strukturalisme QS. al-Lahab, 2016.
  • Ja’far Shiddiq. Penggunaan Semiotika Naratologi A.J. Greimas dalam Kisah Al-Qur’an, 2016.
  • Mahmudi Aziz. Al-Ankabūt sebagai Matsal dalam Al-Qur’an, 2016.
  • Marhamah Pohan. Analisis Metodologi Tafsir An-Nur Karya T.M. Hasbi Ash-Shidieqy Aplikasi Metodologi Kajian Tafsir Islah Gusmian, 2016.
  • Mawardi. Wawasan al-Qur’an tentang Iblis, 2016.
  • Mery Fitrianis. Waktu Shalat dalam Al-Qur’an (Studi atas Corak Tafsir Fiqhi Sunni dan Syi’i), 2016.
  • M. Abu Bakar. Undak Usuk Basa sebagai Kearifan Lokal dalam Tafsir Rawdat al-Irfan fi Ma’rifat al-Qur’an, 2016.
  • M. Mizan Sya’roni. Membaca al-Qur’an dengan Langgam Jawa dan Orchestra (Analisis Penerapan Ilmu Tajwid pada Pelantunan Pembacaan al-Qur’an), 2016
  • Moh. Shoqiful Munir. Kajian Metode dan Corak Tafsir Salman: Tafsir Ilmiah Atas Juz ‘Amma, 2016.
  • Mohammad Thohir Salam. Al-I’jaz Al-Ghaibi dalam Perspektif Al-Sya’rawi dalam Kisah Tenggelamnya Fir’aun dan Kekalahan Romawi, 2016.
  • Muhammad Irfan Apri Syahrial. Aplikasi Pemikiran Muḥammad Syaḥrūr dalam Upaya Kontekstualisasi Kisah Qarun Surah al- Qassas/28: 76-84, 2016.
  • Muhamad Jamaludin. Nusyuz Suami Perspektif Tafsir al-Mizan Karya Thabathaba’i, 2016.
  • Mursyidi. Terjemah Al-Qur’an Bahasa Madura: Studi Kasus Terjemah I’raban Keterangan Madura Atoro’lil Jalalain, 2016.
  • Musfaturrahman. I’jaz al-Qur’an dalam Segi Pengobatan (Analisis Surat al-Fatihah, Ayat Kursi dan al-Muawidzatain dalam Praktek Ruqyah), 2016.
  • Neng Ayu Qonitatul Hamro. Argumentasi Penamaan Surat-surat Al-Qur’an: Analisis Penamaan Surat ke 112 dengan Kata al-Ikhlāsh, 2016.
  • Nida Ikrimah. Konsep Ta’awun (Tolong Menolong) dalam QS. al-Ma’idah/5:2 dan Korelasinya dengan Kegiatan Donor Darah, 2016.
  • Nila Libasut Taqwa. Aspek Perdagangan dalam Perspektif al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik), 2016.
  • Nur Huda. Riwayat-riwayat Pengumpulan Al-Qur’an (Studi Perbandingan antara Sunni dan Syi’ah), 2016.
  • Radtria Alkaf. Israf dan Tabzir Perspektif al-Qur’an (Studi Analisis Kasus Jamuan Perayaan Walimah di Nagari Batu Hampar, Sumatera Barat), 2016.
  • Reva Hudan Lisalam. Rukhsah di dalam al-Qur’an (Studi Komparatif Penafsiran al-Qurthubi dan Rasyid Ridha), 2016.
  • Ridhan Fauzi. Corak Tafsir Ijtima’i di Indonesia Modern: Studi atas Kitab Tafsir Qur’an Karya H. Zainuddin Hamidy dan Fachruddin Hs., 2016.
  • Rosul. Kajian Surat al-Isra’ ayat 1 dalam al-Qur’an (Studi Analisis Pemikiran John Wansbrough), 2016.
  • Siti Ana Mariyam. Studi Pemikiran Ignaz Goldziher tentang Sejarah Tafsir bi al-Ma’tsur, 2016.
  • Siti Anisa Amalia. Al-Safah dalam al-Qur’an (Studi Perbandingan Tafsir al-Azhar dan Tafsir al-Sya’rawi), 2016.
  • Siti Marzuqoh. Istiqamah dalam Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik), 2016.
  • Siti Nurhayah Dahliana. Perlakuan terhadap Penyandang Difabel Perspektif Al-Qur’an: Analisis Penafsiran Sayyid Quthb dalam Tafsir Fī Zilāl Al-Qur’ān, 2016.
  • Siti Robiatul Adawiyah. Hijab dalam Al-Qur’an: Analisis Perbandingan Ibn Katsir dan Murtadha Muthahari QS. 24:31, 2016.
  • Siti Sholikah. Kata al-Ta’at dan al-Qunut dalam al-Qur’an: Kajian Tematik, 2016.
  • Siti Syarifah Alawiyah. Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pesantren (Studi Komparatif Pesantren Darusafa’at dan Pesantren Miftahul Ulum), 2016.
  • Siti Umi. Urgensi Kesaksian (Al-Syahadah) Perspektif Mutawalli Sya’rawi: Analisis Kesaksian dalam Wasiat, Utang-Piutang dan Perzinaan, 2016
  • Tajwidatul Amanah. Sosialisasi Qira’ah Sab’ah di Indonesia (Telaah Sejarah Masuknya Qira’ah Sab’ah dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an), 2016.
  • Taufik Akbar. Asal Mula Penciptaan Manusia Perspektif Tafsir Ilmi dan Saintis (Analisis Komparatif Ayat-ayat Penciptaan Manusia Perspektif Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI dan Prof. Dr. H. Jurnalis Uddin dalam Karyanya Penciptaan Manusia Pertama Ditinjau dari Teks Al-Qur’an dan Bioantropologi), 2016.
  • Wandi Irawan. Makna Hasanah dan Sayyi’ah dalam Al-Qur’an Penafsiran al-Zamakhsyari QS. [4]: 79 (Studi Teologi), 2016.
  • Witri Nur Aulia. Perspektif Tafsir Isyari tentang Riya’ dan Khusyu’ dalam Salat, 2016.
  • Yudi Permana. Ayat-ayat Qital Menurut Abu Bakar Ba’asyir, 2016.

Ilmu Hadis

  • Abil Ash. Keadilan Periwayatan Hadis Sahabat Perspektif Sunni dan Syi’ah, 2016.
  • Achmad Syarif Hidayatullah. Kualitas Hadis Keutamaan Surat Yasin: Perspektif Kaidah “Amalan Ringan Berpahala Besar”, 2016.
  • Adityo Nurhudaya. Pemahaman Hadis tentang Fitrah Manusia, 2016.
  • Ahmad Amirudin Mukhlas. Pemahaman Masyarakat terhadap Hadis Kebolehan dan Larangan Menerima Upah Pengajaran Al-Qur’an (Studi Kasus Di Pesantren Griya Qur’an dan Nur Medina), 2016.
  • Ahmad Bahroin. Tradisi Penulisan Kitab Arba’in: Pembacaan terhadap Kitab Hadis Arba’in Karya Ulama Indonesia, 2016.
  • Ai Eli Latipah.الردّ على الألباني في تضعيف حديث التواسل في كتاب “التوسل أنواعه وأحكامه” , 2016.
  • Anisul Fahmi. Analisis Nasikh-Mansukh dalam Hadis (Studi Kasus Hadis Nikah Mut’ah), 2016.
  • Annisa Nurul Khasanah. Orientasi Hadis dalam Pemikiran Ali Mustafa Ya’qub, 2016.
  • Bilkis Muthoharoh. Seni Lukis Perspektif Hadis (Sebuah Kajian atas Pemikiran Yusuf Qardhawi), 2016.
  • Dede Muhammad Multazam. Perkembangan Kajian Sanad dan Matan dari Masa Klasik ke Pertengahan, 2016.
  • Evi Yuflinda. Nikah Ulang bagi Wanita Hamil di Luar Nikah: Studi Kasus Desa Bangeran Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik (Tinjauan Hadis-hadis tentang Wanita Hamil), 2016.
  • Farhatul Awaliah. Pemaknaan Kata Fakir dan Miskin dalam Hadis Nabi (Kajian Tematik Hadis Fakir dan Miskin), 2016.
  • Hani Royhani. Kritik Hadis Hukuman Bunuh Bagi Orang Murtad, 2016.
  • Hilda Lisdianti. Studi Kritik Sanad Hadis-hadis dalam Kitab Kayfiyyah al-Salah Karya KH. Muhammad Masthuro, 2016.
  • Ilham Yendra. Memahami Hadis Larangan Menggunakan Emas Bagi Laki-laki, 2016.
  • Khilda Fauzia. Mode Pakaian Perempuan pada Masa Nabi: Kajian tentang Niqab, Burqa’, dan Khimar Perspektif Hadis, 2016.
  • Khodijatus Sholiha. Makmum Membaca al-Fatihah dalam Shalat Jahr: “Kajian Tematik”, 2016.
  • Laila Rahmadani. “Aqiqah” dalam Kesetaraan Gender (Kajian Hadis Tematik), 2016.
  • Latipah. Kontribusi Ahmad Lutfi Fathullah terhadap Perkembangan  Kajian Hadis Kontemporer di Indonesia, 2016.
  • Lia Herliati. Aplikasi Hadis tentang Keutamaan Membaca al-Qur’an (Studi Kasus Mahasiswa Tafsir Hadis Angkatan 2009), 2016.
  • Mhd. Hanafi. Walimah dalam Perspektif Hadis (Studi Kasus Walimah Adat Minangkabau di Nagari Guguak Tabek Sarojo, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat), 2016.
  • Mia Fitriatunnisa. Kualitas Hadis-hadis Zuhud dalam Kitab Riyād al-Ṣāliḥīn (Studi Kajian Analisis Sanad dan Matan Hadis), 2016.
  • M. Indra Purnama. Memilih Pasangan Hidup dalam Perspektif Hadis, 2016.
  • Muhibatul Fikri. Namas (Mencukur Alis) dalam Perspektif Hadis, 2016.
  • Muhammad Agus Khoiruddin. Memanah Perspektif Hadis, 2016.
  • Muhammad Khalimi. Kualitas Hadis dalam Tafsir al-Ibriz: Studi Kritik Sanad Hadis dalam Juz ‘Amma, 2016
  • Muhamad Restu Eka Saputra. Kredit dalam Perspektif Hadis (Studi Analisis Mukhtalif al-Hadis Imam al-Syafi’i), 2016.
  • Ngumdaturrosidatuszahrok. Pemaknaan Majasi pada Hadis Nabi, 2016.
  • Nouval Baehaqi. Studi Kritik terhadap Pemahaman Hadis Memperindah Membaca Al-Qur’an, 2016.
  • Nurhalim. Keimamahan Ali bin Abi Thalib (Studi Komparatif Hadis Manzilah menurut Ahlussunnah dan Syi’ah), 2016.
  • Nurhidayat Septiawan. Studi Kritik Sanad Hadis dalam Kitab Tanbih al-Ghafilin, 2016.
  • Rahman Jamil. Kritik Hadis tentang Mendoakan Kebaikan dan Keburukan Bagi Non-Muslim, 2016.
  • Rivia Awalia. Keshahihan Hadis dalam Tafsir al-Misbah (Studi Kualitas Sanad dan Matan Hadis Tafsir Surat al-Fatihah), 2016.
  • Rizal Mampa. Kritik Matan Hadis dengan Pendekatan Al-Qur’an: Komparasi antara Pemahaman Muhammad al-Ghazali dan Jamal al-Banna, 2016.
  • Roro Estri Melati. Interpretasi Hadis Puasa sebagai Wija’ dengan Konsep Fungsi Interpretasi Jorge J.E. Gracia, 2016.
  • Rudini. Praktik Mahar Gading dalam Perspektif Hadis (Studi Kasus di Desa Lamhoda Kecamatan Adonaran Kabupaten Flores Timur), 2016.
  • Siti Imritiyah. Kajian Hadis-hadis tentang Adab Makan dan Minum; Perspektif Ilmu Kesehatan, 2016.
  • Siti Masitoh 10. Kajian Hadis Tematik Seputar Darah Penyakit, 2016.
  • Siti Masitoh 12. Meneguhkan Pemahaman Kontekstual Hadis-hadis Perempuan di Wilayah Publik, 2016.
  • Siti Nur Hamidatur Rosyidah. Menerima Upah Mengajar al-Qur’an dalam Perspektif Hadis (Studi Mukhtalif al-Hadits dalam al-Kutub al-Tis’ah), 2016.
  • Siti Sofwatun Nida. Etika Berhias dalam Perspektif Hadis, 2016.
  • Syarifah Al Alawiyah. Sabda Nabi dan Perubahan Sosial, 2016.
  • Tirtha Ranji. Mengangkat Tangan dalam Berdoa pada al-Kutub al-Sittah: Sebuah Kajian Hadis Tematik, 2016.
  • Ulfah Zakiyah. Re-interpretasi Hadis Perempuan Mayoritas Penghuni Neraka (Kajian atas Hadis yang Diklaim Misoginis), 2016.
  • Umi Faridhoh. Perempuan Adalah Aurat (Kajian Otentisitas dan Pemahaman Hadis), 2016.
  • Yuli Elisah. Ekologi dalam Perspektif Hadis, 2016.