LPMQ Sosialisasi Hasil Kajian Al-Qur’an di Fakultas Ushuluddin

Gedung FU. IQTAF News. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI menyelenggarakan Sosialisasi Hasil Kajian Al-Qur’an dengan tema “Penguatan Nilai-nilai Al-Qur’an dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, acara yang berlangsung di Teater Room Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (19/10/2016).

Acara yang dimotori Dr. H. Muchlis M. Hanafi MA selaku Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an bekerjasama dengan Dr. Lilik Ummi Kaltsum, MA selaku Ketua Program Studi Tafsir Hadis dengan melibatkan segenap civitas akademika Fakultas Ushuluddin. Tak kurang dari 165 peserta hadir dari para mahasiswa dan dosen untuk mengikuti sosialisasi ini, 100 peserta pertama akan mendapatkan e-book dalam bentuk CD yang dibagikan terdiri dari: Tafsir Ilmu & Tafsir Tematik, Suhuf: Jurnal Kajian Al-Qur’an, Keutamaan Al-Qur’an dalam Kesaksian Hadis, Tafsir Ilmi, dan Tafsir Tematik Seri 1-2.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, juga membahas persoalan aktual yang terkait dengan terjemah dan tafsir al-Qur’an serta menjaring beberapa tema pokok seputar Kajian Al-Qur’an Kontemporer sesuai dengan dinamika yang berkembang di lingkungan masyarakat yang akan direkomendasikan sebagai bahan kajian di masa mendatang.

IMG_9666Dalam sambutan, Prof. Dr. Masri Mansoer, MA, Dekan Fakultas Ushuluddin, ia menyatakan bahwa mayoritas mahasiswa Fakultas Ushuluddin merupakan mahasiswa Jurusan Tafsir dan Hadis, oleh karena itu produk dan hasil karya Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an sangat berguna dalam menambah khazanah pengetahuan mahasiswa. Menurut Masri, sekarang ini sudah ada beberapa skripsi mahasiswa yang membahas tafsir karya LPMQ. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa sangat antusias. Alangkah baiknya jika LPMQ dapat mensosialisasikan karya tafsir ini ke dunia Internasional.

“Pesantren dan universitas merupakan mitra utama Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawal kemurnian, kesucian dan keindahan al-Qur’an,” demikian disampaikan oleh Kepala LPMQ, Dr. Muchlis M. Hanafi, MA

Dalam acara yang dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa ini, Dr. Lilik Ummi Kaltsum, Ketua Program Studi Tafsir Hadis, menyatakan bahwa sangat disayangkan jika hasil karya LPMQ kurang tersosialisasi ke segenap masyarakat. Karena karya Lajnah dapat memberi solusi bagi sebagian problematika yang dialami oleh bangsa. (M.NTs)

Berita lain: