Siti Rodiah, Penerima Anugerah Pengabdian Masyarakat Award 2016

  • 0

Siti Rodiah, Penerima Anugerah Pengabdian Masyarakat Award 2016

Category : Berita

UIN Jakarta, IQTAF News. Siti Rodiah, mahasiswa jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQTAF) meraih Anugerah Pengabdian Kategori Mahasiswa dalam acara The PPM Award UIN Jakarta 2016 yang diselenggarakan oleh Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan tema “Bersinergi untuk Inspirasi bagi Negeri”, di Uni Club (Basement) Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (01/12/2016). Rodiah mengalahkan 36 peserta dari kategori mahasiswa dan alumni/dosen.

Malam Penganugrahan PPM Award 2016

Malam Penganugrahan The PPM Award 2016

Dia terpilih lantaran pengabdiannya sebagai guru ngaji dengan metode “cerita”, sehingga anak didikannya tidak merasa jika ia sedang mengajar ngaji karena diselingi dengan bercerita, dengan begitu anak tidak jenuh dan bosan. Walaupun begitu, terbukti hasil metode pembelajaranya itu dirasa lebih efektif.

Di antara peserta lain dari jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir adalah M. Alvin Nur Choironi dengan pengabdiannya mengajar anak yatim dan dhuafa yang berada di sekitar Darus-Sunnah. Sayangnya, Alvin tidak seberuntung Siti Rodiah. Penghargaan khusus kategori mahasiswa hanya diambil 2 peserta, dan alumni/dosen hanya satu.

Prof. Dr. Arskal Salim (Ketua LP2M) mengatakan bahwa jumlah pengabdian masyarakat dari mahasiswa ini sangat terbatas. Dari beribu-ribu mahasiswa yang ada di UIN, hanya 36 mahasiswa saja yang masuk dalam daftar peserta ini. Semoga pengabdian masyarakat award ini bisa memacu mahasiswa yang lain untuk belajar mengabdi. ‘Karena pengabdian adalah bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Bagi peserta lain yang belum beruntung bisa dicoba tahun depan, karena ini akan menjadi agenda tahunan PPM.’ Terang Dewan Juri

Ada lima dewan juri, selain Prof. Dr. Arskal Salim MA Ph.D yaitu Dik Doank (Pegiat Sosial dan Lingkungan Hidup), Teddy Meiyadi, SE.,MM (Kepala Bappeda Tangsel), Ilham Khoiri (Jurnalis Kompas) dan Dr. Tantan Hermansyah (Tim PPM UIN Jakarta). [M.ANC/M.NTs]