HMJ-IQTAF dan ILHA Gelar Pelatihan Digitalisasi Hadis

  • 0

HMJ-IQTAF dan ILHA Gelar Pelatihan Digitalisasi Hadis

Category : Berita

Cinagara Bogor. IQTAF News Online. Salah satu implementasi dari upaya peningkatan kemampuan mahasiswa di Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, terutama Jurusan Ilmu Al-Qur’an & Tafsir (IQTAF) dan Ilmu Hadis (ILHA) yaitu dengan mengadakan pelatihan Digitalisasi Hadis. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yaitu 24-25 September 2016 di Pesantren Pelatihan Kajian Hadis (PKH) Cinagara Bogor.

Program ini merupakan program Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an & Tafsir  dan Ilmu Hadis (IQTAF-ILHA) untuk memperkenalkan khazanah pembelajaran hadis di era modern. Kegiatan ini bertema “Pengenalan Pembelajaran Hadis Berbasis Digital”. Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa baru jurusan Ilmu Al-Qur’an & Tafsir  serta Ilmu Hadis.

Kegiatan ini merupakan wujud kerjasama antara HMJ Ilmu Al-Qur’an & Tafsir dan Ilmu Hadis bersama dengan Pusat Kajian Hadis (PKH) Jakarta. Kerjasama yang dilakukan berupa sumbangsih PKH terhadap acara ini dengan menghadirkan pemateri dan tempat kegiatan. Dalam pelatihan tersebut, para mahasiswa dibekali pendalaman intensif tentang: 1) Metode pembelajaran hadis; 2) Menggunakan dan menguasai aplikasi hadis; dan 3) Membuat konsep dan merancang aplikasi islam digital. Selain itu, peserta juga diberikan materi-materi penunjang kompetensi seperti cerdas cermat antar kelompok dan juga pelatihan mental.

WhatsApp Image 2016-10-05 at 12.31.21 PMDi luar acara pelatihan berlangsung, peserta juga diajak untuk menikmati indahnya alam dengan mengunjungi Air Terjun Cikaracak Terletak di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kec. Caringin, Kab. Bogor, Jawa Barat. Berjarak 15 km dari Ciawi atau 5 km dari Talang 3 (Talang Air Cisempur) Jalan H.E. Sukma, juga hampir 5 KM dari lokasi acara dengan berjalan kaki.

“Rencananya, kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini, kami dari HMJ mewacanakan adanya tindak lanjut dari program ini berupa pembuatan aplikasi hadis  atau digitalisasi 40 hadis tertentu berkenaan dengan tema-tema yang menarik. Jika memungkinkan aplikasi 40 hadis tersebut akan di-launching saat acara “Qur’an Hadith Festival se-Nusantara (Qaaf-Nun)” yang akan diselenggarakan pada bulan desember mendatang.” (MANC)

Berita lain: