Mahasiswa TH Angkatan 2009 Diambang Drop Out (DO)

  • 0

Mahasiswa TH Angkatan 2009 Diambang Drop Out (DO)

Category : Berita

Gedung Fak. Ushuluddin. IQTAF News Online. Skripsi adalah karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa tingkat sarjana merupakan syarat utama kelulusan. Sebagai salah satu syarat kelulusan, mahasiswa dituntut untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah/skripsi yang berkualitas dan secara ilmiah dapat mencerminkan tingkat penguasaan mahasiswa terhadap teori-teori dan bidang keahlian yang telah dipelajari. Sebagai sebuah karya ilmiah, skripsi juga harus mampu dipertanggungjawabkan keasliannya. Atas dasar tuntutan inilah, seorang mahasiswa yang sedang dalam proses pembuatan skripsi membutuhkan bimbingan dari seorang dosen yang memiliki komitmen dan kemampuan untuk membimbing.

Namun dalam perjalannya proses pembuatan skripsi menghadapi banyak kendala yang mengakibatkan tujuan dari skripsi tersebut tidak dapat dicapai secara optimal.

Hal ini dialami oleh Roro Estri Melati, mahasiswi jurusan Tafsir Hadis angkatan 2009 (sekarang: Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir) Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengalami banyak kendala dalam penyelesaian skripsi. “Banyak faktor yang dialami, salah satunya adalah awal masuk kuliah di jurusan Tafsir Hadis kurang begitu berminat, akibat dampaknya menjadi males-malesan.” Tegas Roro

Mahasiswi yang baru menyelesaikan skripsi di bab 1 dibawa bimbingan Dr. Yusuf Rahman, MA dan Rifqi Muhammad Fatkhi, MA ini mengalami banyak kendala. Menurutnya ada 2 faktor selain jurusan yang kurang diminati yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang dialaminya adalah kurang suka baca, kurang motivasi, dan dalam tugas kelompok waktu kuliah jarang buat makalah, akibatnya berpengaruh dalam pembuatan skripsi yang tidak tahu dari mana mengawalinya. Faktor eksternal, menurutnya, sejak semester 8 pernah berpacaran, dan masih ada beban mata kuliah, kemudian belum bisa mengajukan proposal skripsi ke Jurusan karena kendala kurangnya SKS termasuk salah satu dari mata kuliah 4 praktikum (tilawah, ibadah, tabligh dan karya ilmiah) sebagai syarat pengajuan proposal. Selain itu juga, teman se-Kostn rata-rata adik kelas, mereka dari Jurusan Ilmu Perpustakaan Fak. Adab dan Humaniora, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fak. Tarbiyah dan Keguruan, dan Jurusan Tafsir Hadis Fak. Ushuluddin, yang kesemuanya adalah mahasiswi angkatan 2012, dan pengaruhnya adalah “ketika bergaul dengan adik-adik kelas rasanya kembali muda lagi, tidak ada beban untuk menyelesaikan studi.” Ujar Roro, mahasiswi asal daerah Banyumas Jawa Tengah

Selain Roro yang masih dibebani 1 mata kuliah lagi, mahasiswa lain seperti Mia Fitriatunnisa, nilai mata kuliahnya sudah memenuhi hanya saja masih terkendala penyelesaian skripsi yang baru bab 3, juga Fathul Mubin, masih kurang 6 SKS (2 mata kuliah) dan skripsi baru bab yang ke-3, dan yang lain seperti A. Amiruddin Mukhlas, Ahmad Fuad, Ai Eli Latipah, Taufik Akbar, Ahmad Ahad, Dimas Yediya SA, Sahlan S. Badawi, Solehuddin al-Ayubi, juga mengalami kendala yang sama dalam menyelesaikan masa studinya. Dari data mahasiswa jurusan TH angkatan 2009 total keseluruhan berjumlah 109 orang, 54 orang masih belum menyelesaikan masa studinya, hanya 11 orang dalam proses perpanjangan studi ke jurusan, dan yang lain tidak ada keterangan.

Sebelumnya, Kaprodi IQTAF, Dr. Lilik Ummi Kaltsum, MA memerintahkan kepada Staff Jurusan, Hani Hilyati Ubaidah, S.Th.I agar mengumpulkan mahasiswa Tafsir Hadis khusus angkatan 2009 supaya diurus perpanjangan masa studinya bersama Wadek I Fakultas Ushuluddin, Prof. Dr. Ikhsan Tanggok, M.Si untuk ditandatangani, yang kemudian diajukan ke Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Fadhilah Suralaga, M.Si. Dari hasil keputusan Warek Bidang Akademik memberikan catatan sebagai berikut; pertama, mahasiswa yang masih ada beban mata kuliah diperkenankan mengundurkan diri (pindah), dan kedua, mahasiswa yang tidak ada beban mata kuliah diberi waktu sampai akhir Agustus 2016. Agar tidak terlalu mepet, oleh Jurusan memberi batas sampai tanggal 25 Agustus 2016. (M.NTs)