Mahmud Yunus Sebagai Tokoh Pelopor Pendidikan di Indonesia

  • 0

Mahmud Yunus Sebagai Tokoh Pelopor Pendidikan di Indonesia

Category : Artikel

Oleh: Nia Ariyani[1]

Abstrak

Mahmud Yunus adalah Tokoh Pelopor Pendidikan di Indonesia. Kepeloporannya ini dapat dilihat dari berbagai macam literatur-literatur dalam berbagai macam bidang yang ia tuliskan. Di antaranya literatur dalam bidang pendidikan, bidang “fiqh” (fiqih), Bahasa Arab, Akhlaq, Tafsir, dan sebagainya. Dalam perkembangan Literatur Tafsir Indonesia, Mahmud Yunus menempati posisi dan peran penting bagi upaya-upaya penulisan berbagai macam literatur di Indonesia. Bahkan, ia disebut sebagai Bapak Pelopor Pendidikan di Indonesia.

Keyword: Mahmud Yunus, pelopor, pendidikan, tafsir.

Pendahuluan

Mahmud Yunus adalah pelopor pembaharuan pada dunia pendidikan Islam seperti pembaharuan dalam metode pengajaran dan pendidikan, pembaharuan kelembagaan dan pengenalan pengetahuan umum dan pembaharuan pengajaran Bahasa Arab, dan memasukkan pelajaran Agama ke kurikulum sekolah pemerintah.

Mahmud Yunus juga mempunyai kiprah pada lembaga pendidikan Islam, seperti berdirinya Madrasah School, Normal Islam, PGAI, SMI, dan merintis berdirinya Perguruan Tinggi Agama Islam.[2]

Begitu besar peran serta kontribusi yang telah dibangun oleh Mahmud Yunus. Sehingga, pada kesempatan ini penulis akan mendeskripsikan kepeloporan Mahmud Yunus dalam dunia Pendidikan, khususnya perannya di Indonesia. Untuk mengetahui peran kepeloporan tersebut, dalam karya ilmiah ini penulis menguraikan tentang biografi, latar belakang pendidikan, karya-karya, terutama karya Tafsir Al-Qur’an, dan lain sebagainya.

Biografi Mahmud Yunus

Mahmud Yunus dilahirkan pada tanggal 10 Februari 1899 M atau bertepatan dengan tanggal 29 Ramadhan 1316 H. Ia di desa Sungayang Batu Sangker, Sumatera Barat. Ibunya bernama Hafshah dan ayahnya bernama Yunus bin Incek. Ayahnya berasal dari marga Mandailing dan Ibunya dari suku Caniago.

Mahmud Yunus berasal dari keluarga yang memiliki keagamaan yang sangat kuat. Sehingga dalam keluarga telah terbina religiusitas di dalam diri Mahmud Yunus.

Pada awal tahun, 1970 kesehatan Mahmud Yunus menurun dan bolak-balik masuk rumah sakit. Pada tahun, 1982 Mahmud Yunus memperoleh Gelar Doctor Honoris Causa di Bidang Ilmu Tarbiyah di IAIN Jakarta atau sekarang pada (2018) lebih dikenal dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kemudian pada tahun 1982 Mahmud Yunus meninggal dunia.

Latar Belakang Pendidikan

Sejak kecil Mahmud Yunus sudah memperlihatkan kecenderungannya yang kuat dalam dalam belajar, khususnya kecenderungan memperdalam Ilmu Agama Islam. Ketika berusia 7 tahun Mahmud Yunus belajar membaca Al-Qur’an dengan kekeknya yang bernama M. Thahir atau biasa dikenal dengan Engku Gadang.

Pada tahun 1908, Mahmud Yunus meminta restu kepada Ibunya untuk belajar di sekolah yang baru dibuka disekitar tempat tinggalnya, yaitu masyarakat desa Sungayang. Mahmud Yunus belajar di sekolah pada siang hari, dan malam harinya Mahmud Yunus membantu kakeknya belajar mengaji. Setiap hari Mahmud Yunus melakukan runinitas ini dengan tekun dan penuh prestasi.

Pada Tahun 1910, Mahmud Yunus menjadi murid di Madras School,[3] yang madrasah ini dibuka oleh H. M. Thalib Umar.[4] Di Madras School inilah Mahmud Yunus hanya mempelajari ilmu-ilmu Keislaman, seperti: Ilmu nahwu dan Ilmu Sharaf, berhitung menurut sistem ahli hisab Arab, dan belajar mempraktikkan percakapan Bahasa Arab.

Pada tahun 1924, Mahmud Yunus di Universitas Al-Azhar, mendapat prestasi istimewa. Ia mencoba untuk menguji kemampuannya dalam Ilmu-Ilmu Agama dengan mengikuti ujian akhir. Untuk memperoleh syahadah ‘alimiyyah, yaitu ujian akhir bagi siswi-siswa yang telah belajar sekurang-kurangnya 12 tahun (ibtidaiyyah 4 tahun, tsanawiyah 4 tahun, dan aliyyah 4 tahun). Ujian ini diikuti dengan baik oleh Mahmud Yunus. Sehingga dengan baik dan berhasil lulus serta mendapatkan ijazah (syahadah ‘alimiyyah). Kemudian melanjutkan pendidikannya ke Darul ‘Ulum ‘Ulya, Mesir (1925), di sini pula ia mempelajari pengetahuan umum.

Setelah melalui berbagai macam pendidikan, Mahmud Yunus sangat terkesan dengan sistem pendidikan pada Darul ‘Ulum ‘Ulya. Sehingga, perkuliahan di Darul ‘Ulum ‘Ulya mulai dari tingkat pertama sampai tingkat ke IV dilalui dengan baik, bahkan pada tingkat terakhir mrmperoleh nilai tertinggi pada mata kuliyah Insya (mengarang).[5]

Literatur-literatur atau Karya-karya Mahmud Yunus

Karya Mahmud Yunus, berupa literatur-literatur dalam berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan. Ini menandakan bahwa Mahmud Yunus sangat produktif dalam mengahasilkan karya. Karya-karya Mahmud Yunus di antaranya: Bidang Pendidikan, Bidang Bahasa Arab, Bidang Fiqih, Bidang Tafsir, Bidang Akhlaq, Bidang Sejarah Islam, dan sebagainya. Berikut ini uraiannya:[6]

Bidang Pendidikan

Menghasilkan 6 (enam) karya:

  1. Pengetahuan Umum dan Ilmu mendidik
  2. Metodik Khusus Pendidikan Agama
  3. Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia
  4. Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran
  5. At-Tarbiyah wa At-Ta’lim
  6. Pendidikan di Negara Islam dan Intisari Pendidikan Barat

Bidang Bahasa Arab

Menghasilkan 15 (lima belas) karya:

  1. Pelajaran Bahasa Arab 1
  2. Pelajaran Bahasa Arab 11
  3. Pelajaran Bahasa Arab 111
  4. Pelajaran Bahasa Arab 1V
  5. Metodik Khusus Bahasa Arab
  6. Kamus Arab Indonesia
  7. Contoh Tulisan Arab
  8. Muthala’ah wa al-Mahfuzhaat
  9. Durus al-Luqhah al-Arabiyah ‘ala Thariqati al-Hadistsah 1
  10. Durus al-Luqhah al-Arabiyah ‘ala Thariqati al-Hadistsah 11
  11. Durusu al-Lughah al-Arabiyyah I
  12. Durusu al-Lughah al-Arabiyyah II
  13. Durusu al-Lughah al-Arabiyyah III
  14. Mukhadatsah al-‘Arabiyyah
  15. Al-Mukhtaraat li al-Muthala’ah wa al-Mahfuzhaat

Bidang Fiqh

Dalam Bidang “Fiqh” (Menghasilkan 17 karya):

  1. Marilah sembahyang I
  2. Marilah sembahyang II
  3. Marilah sembahyang III
  4. Marilah sembahyang IV
  5. Puasa dan Zakat
  6. Haji ke Mekah
  7. Hukum Waris Dalam Islam
  8. Hukum Perkawinan Dalam Islam
  9. Pelajaran Sembahyang Untuk Orang Dewasa
  10. Soal Jawab Hukum Islam
  11. Al-Fiqhu al-Wadhih
  12. Fiqhu al-Wadhih al-Nawawy
  13. Al-Masailu al-Fiqhiyyah ‘ala Mazahibu al-Arba’ah

Bidang Tafsir

Menghasilkan 15 (limabelas) karya:

  1. Tafsir Al-Qur’an Al-Karim
  2. Tafsir Al-Faatihah
  3. Tafsir Ayat Akhlaq
  4. Juz ‘Amma dan Terjemahannya
  5. Pelajaran Huruf Al-Qur’an 1973
  6. Kesimpulan Isi Al-Qur’an
  7. Alif Ba Taa wa Juz ‘Amma
  8. Muhadharat wa Israiliyyah fii Tafsir wa al-Hadist
  9. Kamus Al-Qur’an I
  10. Kamus Al-Qur’an II
  11. Kamus Al-Qur’an Juz 1-30
  12. Surah Yasin dan Terjemahannya

Bidang Akhlaq

Bidang Akhlaq Menghasilkan 9 (Sembilan) karya:

  1. Keimanan dan Akhlaq I
  2. Keimanan dan Akhlaq II
  3. Keimanan dan Akhlaq III
  4. Keimanan dan Akhlaq IV
  5. Beriman dan Berbudi Pekerti
  6. Lagu-Lagu Pendidikan Agama atau Akhlaq
  7. Akhlaq Bahasa Indonesia
  8. Moral Pembangunan dalam Islam
  9. Akhlaq

Bidang Sejarah

Dalam bidang Sejarah menghasilkan 5 (lima) karya:

  1. Sejarah Pendidikan Islam
  2. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia
  3. Tarikh Al-Fiqh Al-Islami
  4. Sejarah Islam di Minangkabau
  5. Tarikh Al-Islam

Bidang Perbandingan Agama

Dalam Bidang Perbandingan Agama menghasilkan 2 (dua) karya:

  1. Ilmu Perbandingan Agama
  2. Al-Adyaan
  3. Bidang Dakwah
  4. Pedoman Dakwah Islamiyyah
  5. Bidang Ushul Fiqh
  6. Mudzakarat Ushul Al-Fiqh
  7. Bidang Tauhid
  8. Durus At-Tauhid

Dari berbagai literatur-literatur yang Mahmud Yunus tulis di atas. Di sinilah ia mendapat gelar, Tokoh Pelopor Pendidikan di Indonesia. Selain itu, Mahmud Yunus juga termasuk pada tokoh pelopor Tafsir berbahasa Indonesia. Tafsiran Mahmud Yunus dalam dilihat pada contoh dibawah ini.

Contoh Penafsiran Tafsir Qur’an Karim Karya Mahmud Yunus

Di dalam kitab Tafsir Qur’an Karim, Mahmud Yunis menuliskan bahwa, Tafsir ini sertan kesimpilan isi al-Qur’an, bukanlah terjemahan dari kitab Bahasa Arab, melainkan hasil penyelidikan pengarang sejak berumur l.k 20 (duapuluh tahun) sampai sekarang 73 tahun. Dalam Tafsir Qur’an Kari mini yang lebih dipentingkan adalah  menerangkan dan menjelaskan petunjuk-petunjuk yang termaktub dalam al-Qur’an untuk diamalkan oleh kaum Muslimin.[7]

Berikut ini contoh penafsiran Tafsir Qur’an Karim, karya Mahmud Yunus, pada QS. al-Fīl ayat 1-5.[8]

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحبِ الْفِيْلِ (1) اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍ (2) وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَ (3) تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةً مِّنْ سِجِّيْلٍ (4) فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ (5)

“Tidaklah Engkau (Muhammad) perhatikan bagaiman Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?[9](1); bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia? (2); dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, (3); yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar, (4); sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat), (5).”

“Adapun balatentara bergajah itu, Raja Yaman yang datang ke Negeri Mekkah hendak meruntuhkan Ka’bah dengan membawa laskar dan Gajah yang kuat. Setelah mereka hampir masuk ke Negeri Mekkah, lalu beberapa burung menjatuhkan batu (tanah yang keras), boleh jadi didalamnya banyak hama penyakit cacar, sehingga mereka semuanya dihinggapi penyakit itu, akhirnya badan mereka hancur luluh seperti daun kayu dimakan binatang atau ulat. Pendeknya maksud mereka hendak meruntuhkan Ka’bah tiadalah berhasil adanya.”[10]

Metodologi Tafsir Al-Qur’an Mahmud Yunus

Metodologi Tafsir adalah ilmu tentang metode penafsiran Al-Qur’an.[11] Atau biasa diartikan sebagai ilmu tentang cara penafsiran Al-Qur’an.

  1. Metode Penafsiran

Tafsir Al-Qur’an Mahmud Yunus, menunjukkan metode Taḥlīlī. Metode Taḥlīlī adalah metode menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan memaparkan segala aspek yang terkadung di dalamnya, yang urutannya disesuaikan dengan tertib surat yang ada dalam mushaf Ustmani.[12] Atau di dalam buku, Sejarah dan ‘Ulum Al-Qur’an, yamg ditulis oleh Azyumardi Azra, bahwa, Metode Taḥlīlī secara harfiah berarti, “Tafsir yang me-nguraikan berdasarkan bagian-bagian[13], atau tafsir parsial.”

  1. Corak Penafsiran (laun)

Corak penafsiran dalam beberapa ayat hanya dikutif beberapa kosa kata yang dapat dikatakan yang ditafsirkan merupakan kata kunci dari ayat.

  1. Metode Pemikiran Mahmud Yunus

Metode pemikiran Mahmud Yunus cendrung kearah penafsian bi al-Riwayah, yakni tafsir dengan riwayat atau disebut juga dengan Tafsir bi al-Mauqul (tafsir yang menggunakan pengutipan riwayat).[14]

Untuk mengetahui kecenderungan metode penafsirah Mahmud Yunus yang dapat dikategorikan dengan corak bi al-Riwayah, dapat dilihat dari bagaimana Mahmud Yunus menyingkap ayat-ayat Al-Qur’an dalam Tafsirnya sebagai berikut: Dalam menafsirkan surah Al-Fath ayat 10 يَدُااللّهَ فَوْقَ اَيْدِهِمْ dan surat Ali-‘Imrat surat 26 dan 73 yang masing-masing ada kata بِيَدِكَ الْخَيْرِdan بِيَدِ اللهِyang ayat tersebut dapat membawa pemahaman antropomorpisme.

Mahmud Yunus mengartikan kata يَدٌ dengan tangan, maka dari sisi ni Mahmud Yunus memaknai teks Al-Qur’an secara harfiyah. Penafsiran ini didasarkan pada riwayah yang mengatakan bahwa ayat ini turun ketika orang-orang bersetia teguh kepada Muhammad, berjabat tangan dengan Muhammad, dan mengumpamakan tangan Nabi Muhammad sebagai tangan Allah, seperti yang diungkap Mahmud Yunus dalam Al-Qur’an Al-Karim. Jadi, penafsiran ini menunjukkan Metode Tafsir bi Al-Riwayah.

Sistematika pembahasan dalam menyusun Tafsirnya, Mahmud Yunus memulai dengan  bab ke- 1 (satu) berisi pendahuluan, bab ke-2 berisi tentang indeks-indeks istilah, bab ke-3 (tiga) berisi nama-nama surah dan juz, bab ke- 4 berisi teks, terjemah dan catatan-catatan, dan bab ke-5 berisi garis besar kandungan setiap surat.[15]

Penutup

Mahmud Yunus adalah tokoh pelopor pendidikan di Indonesia. Karyanya yang sangat banyak. Menunjukkan betapa banyak kontribusi yang Mahmud Yunus berikan pada Literasi dan Pendidikan di Indonesia.

Sosok teladan Mahmud Yunus, dapat menjadi contoh teladan bagi ge-nerasi penerus Bangsa Indonesia.Mengapa demikian?Karena seorang penggagas, literasi, dan pelopor pendidikan Indonesia sangat dibutuhkan banyak generasi yang mewarisinya (pendidikan).

Sebagai seorang pelopor pendidikan Mahmud Yunus memiliki beberapa pemikiran tentang Pendidikan Islam, sebagai berikut:

  1. Tujuan Pendidikan Islam adalah mendorong seseorang agar mengamalkan ajaran Islam secara sempurna.
  2. Kurikulum Pendidikan merupakan unsur-unsur penting dan tidak dapat terpisahkan dalam proses pembelajaran, juga tidak dipisahkan antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran Agama.
  3. Tentang Kelembagaan, Mahmud Yunus mengubah sistem pendidikan yang sebelumnya individual menjadi klasikal. Maksudnya Guru mesti mengawasi dan mengarahkan potensi murid-muridnya secara maksimal.
  4. Tentang Pendidikan diprioritaskan Akhlak bagi pendidikan.[16]

Daftar Pustaka

Al-Qur’an Al-Karim

Amir, Mafri Literatur Tafsir Indonesia, Tangsel: Madzab Ciputat, 2013.

Amursid, M dan Asra, Amaruddin,  Jurnal Syahadah, Vol. III No. 2, Oktober 2015.

Azra, Azyumardi,  Sejarah dan ‘Ulum Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2013.

Anwar, Rosihon, Ilmu Tafsir, Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Iskandar, Edi, Mengenal Sosok Mahmud Yunus, dalam Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 3, No. 1, Januari-Juni 2017.

Malta, Rina, Pemikiran dan Karya-Karya Prof. DR. H. Mahmud Yunus Tentang Pendidikan Islam (1920-1982). Masters Thesis, Universitas Andalas.

Syarifuddin, M. Anwar dan Azizy, Jauhar, Ilmu Ushuluddin, Vol. 2, No. 3 Januari-Juni 2015.

Syibromasili, Faidzah Ali dan Azizy, Jauhar, Membahas Kitab Tafsir Klasik-Modern, Tangsel: Lembaga Penerbitan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2012.

Yunus, Mahmud, Tafsir Qur’an Karim, h. 918-919.

 

____________________

[1]Nia Ariyani adalah Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

[2]Rina Malta, Pemikiran dan Karya-Karya Prof. DR. H. Mahmud Yunus Tentang Pendidikan Islam (1920-1982).Masters Thesis, Universitas Andalas.

[3]Penamaan Madras School, berawal dari usulan sahabatnya, Abdullah Ahmad di Padang yang mendirikan Adabiyah School. Menurut Abdullah Ahmad, nama lembaga perlu dipertimbangkan dengan memakai istilah orang Eropa. Agar penjajah (Belanda) tidak mencurigai Lembaga Pendidikan seperti yang dialami selama ini.

[4]Muhammad Thaib Umar, lahir pada tahun 1874 di Sungayang.Ia berasal dari keluarga yang taat menjalankan Agama.

[5]Mafri Amir, Literatur Tafsir Indonesia, (Tangsel: Madzab Ciputat, 2013), cet. ke-2, h. 61-66.

[6]Mafri Amir, Literatur Tafsir Indonesia, h. 66.

[7]Mahmud Yunus, Tafsir Qur’an Karim (Jakarta: PT. Hidakarya Agung Jakarta, 2004), Cet. Ke-72, bagian pendahuluan V.

[8]Departemen Agama RI, Al-Qur’an Al-Karim, h, 601.

[9]Pasukan yang dipimpin oleh Abrahah, Gubernur Yanan yang hendak menghancurkan Ka’bah. Sebelum masuk ke kota Me’kah, pasukan tersebut diserang burung-burung yang melemparinya dengan batu-batu kecil sehingga mereka musnah.

[10]Mahmud Yunus, Tafsir Qur’am Karim (Jakarta: PT. Hidakarya Agung Jakarta: 2004), Cet. Ke-73, h.918-919.

[11]Rosihon Anwar, Ilmu Tafsir (Bandung: Pustaka Setia, 2005), Cet. Ke-3, h. 175.

[12]Faizah Ali Syibromasili dan Jauhar Azizy, Membahas Kitab Tafsir Klasik-Modern (Tangsel: Lembaga Penerbitan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2012), cet Ke-2, h, 6.

[13]Bagian-bagian dalam Tafsir Taḥlīlī, di antaranya: a. Menerangkan hubungan munasabah, menjelaskan sebab-sebab turunnya ayat, menjelaskan hukum, menerangkan makna, dan unsur-unsur fashahah, bayan, dan i’jaznya yang ditafsirkan mengandung keindahan balaghah.

[14]Azyumardi Azra, Sejarah dan ‘Ulum Al-Qur’an (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2013), Cet. Ke-5, h. 174.

[15]M. Amursid dan Amaruddin Asra, Jurnal Syahadah, Vol. III No. 2, Oktober 2015, h. 12.

[16]Edi Iskandar, Mengenal Sosok Mahmud Yunus, dalam Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 3, No. 1, Januari-Juni 2017, h. 58-59.