Ratusan Mahasiswa Padati Teater Fak. Ushuluddin

  • 0

Ratusan Mahasiswa Padati Teater Fak. Ushuluddin

Category : Berita

Gedung Fak. Ushuluddin. IQTAF News Online. Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Seminar Nasional dengan tema; “Pendekatan Filologi (Tahqiq) dalam Kajian Al-Qur’an” di Teater Prof. Dr. Ar. Partosentono Lt. 4 FU pada Selasa (20/03/2018).

Seminar Nasional ini dimoderatori oleh Drs. A. Rifqi Muchtar, MA (Dosen Fakultas Ushuluddin) dan menghadirkan empat narasumber yang mumpuni atau pakar dalam bidang kajian al-Qur’an dan pakar dalam bidang Ilmu Filologi. Keempat narasumber tersebut adalah Dr. Faizah Ali Syibromalisi (Tim Tahqiq Kementerian Agama RI), Dr. Mahrus El-Mawa, MA (Kasi Penelitian dan Pengelolaan HaKI Direktorat PTKI Ditjen Pendis Kementeriaan Agama RI), dan Dr. Islah Gusmian, MA (Kepala Pusat Kajian Naskah dan Khazanah Islam Nusantara/ IAIN Surakarta), juga Dr. Abdul Ghofur Maimoen, MA. (STAI Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah).

Dalam Acara Seminar Nasional ini yang berlangsung di Teater Room Fakultas Ushuluddin (FU) tidak hanya dipadati oleh Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, turut hadir juga mahasiswa diluar UIN Jakarta, seperti dari UIN Yogjakarta, PTIQ Jakarta, IIQ Jakarta, STFI Sadra dan lain sebagainya. Hal ini disampaikan oleh Rifa Tsamratus Sa’adah, salah satu peserta mengatakan bahwa acara Seminar ini dihadiri dari berbagai Fakutas yaitu Fakultas Ushuluddin (FU), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI), dan bahkan dihadiri oleh Mahasiswa yang berasal dari UIN Jogjakarta.” Selain itu, Rifa juga mengatakan, “Seminar ini sangat bermanfaat bagi Mahasiswa karena para narasumber berasal dari pakar Filologinya secara langsung.” Pungkas Mahasisiwi Prodi IQTAF dan Mahasantri Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences Tangerang Selatan.

Dengan adanya acara seminar ini memancing para pegiat kajian al-Qur’an dan Tafsir dengan pendekatan filologi sebagai suatu metode yang dipakai memahami teks naskah-naskah kuno ini sangat bermanfaat untuk para peneliti. Tentunya, kehadiran mahasiswa-mahasiswa dari luar UIN Jakarta tidak lain bertujuan untuk menambah pengetahuan atau wawasan terkait dengan kajian al-Qur’an. Seperti salah satu mahasiswa asal UIN Yogyakarta, Tubagus Syafiq; Tubagus mampir ke Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta untuk menghadiri Seminar Nasional ini yang berbarengan dengan acara “Halaqah Kebangsaan” pada 21-23 Maret 2018 dalam Simposium Tafsir Nusantara dan Munas IV Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis se-Indonesia (FKMTHI) di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Tubagus menyampaikan; “Kami, lima (5) delegasi dari UIN Yogyakarta ke Jakarta untuk mengikuti Halaqah Kebangsaan yang diadakan oleh FKMTHI di Jakarta, kami tiba pada 20 Maret 2018 lebih awal untuk sempatkan waktu berkunjung ke Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta hadir dalam seminar ini. Dan Kami mendapat informasi seminar ini dari grup WhatsApp.” Terang Pengurus HMJ-IAT UIN Yogyakarta. (Nia Ariyani-FU)