Visitasi Akreditasi Program Studi S-1 Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Gedung Fak. Ushuluddin, IQTAF News Online – Fakultas Ushuluddin mengadakan Visitasi Akreditasi untuk Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) pada Rabu–Jum’at (23-25/08) di Meeting Room L.4 FU.

Dalam akreditasi kali ini Tim Asesor BAN-PT Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag (UIN Alaudin Makassar) dan Prof. Dr. Iskandar Usman, M.Ag (UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Dihadiri juga para Civitas Akademika Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Terdapat tujuh aspek penilaian peringkat akreditasi institusi, di antaranya: yaitu (1) Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian, (2) Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu, (3) Mahasiswa dan Lulusan (4) Sumber Daya Manusia, (5) Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik, (6) Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, Serta Sistem Informasi, dan (7) Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama.

Site visit Asesor BAN-PT menghadirkan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dr. Sururin, M.Ag, Kepala Pusat Perpustakaan UIN Jakarta, Amrullah Hasbana, S.Ag, SS, MA, Ketua Alumni Fakultas Ushuluddin (ALFU), Arwani, MA, unsur pimpinan Fakultas, Prodi dan tenaga kependidikan yang diharapkan mempunyai pemahaman yang komprehensif atas pengelolaan Program Studi dan menghasilkan borang dengan kualitas yang maksimal.

Penilaian penting serta evaluasi oleh Asesor BAN-PT terhadap Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir adalah penyesuaian visi-misi Prodi harus realistis; “unggul dan terkemuka menyangkut spesifikasinya bagaimana dan kekhasannya seperti apa? Selain itu harus ada kebijakan terkait kualitas Prodi itu tergantung Diktis dengan mengembalikan dosen sesuai keahlian. Selain itu juga peminat di Prodi sangat tinggi diharapkan input lebih baik, ini terlihat alumni banyak bekerja di Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kementerian Agama RI akan tetapi lulusan belum terlihat unggul.” terang Arifuddin Ahmad

“Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk mewujudkan visi-misi Prodi harus menyesuaikan Pedoman, karena Penelitian dan Pengabdian yang kita ketahui adalah program pesanan. Selain itu diupayakan Penelitian dan Pengabdian dosen dibuatkan Surat Tugas/SK.” tambahnya [M.NTs]